Belum Terdaftar

INSTALL APP
Hal Apa yang Dapat
Kami Bantu?
Bantuan
Home
Pesanan
Notifikasi



🥣🌾 3 Manfaat Serat untuk Diabetes

Penderita diabetes sebaiknya memasukkan makanan kaya serat dalam menu sehari-hari. Sebab, manfaat serat untuk diabetes dapat membantu dalam hal:

1. Mengendalikan kadar gula darah Manfaat serat untuk penderita diabetes dapat mengendalikan kadar gula darah. Hasilnya pun konsisten. Sebab, tubuh manusia tidak bisa menyerap dan memecah serat. Inilah yang membuat kadar gula darah tidak melejit.

2. Menurunkan berat badan Mengingat serat tidak bisa dicerna dan perlu waktu lama dalam proses pencernaan, artinya akan berada di dalam perut lebih lama. Rasa kenyang pun akan bertahan lebih lama. Dengan demikian, bisa menghindari asupan kalori berlebihan. Menariknya lagi, sebagian besar makanan kaya serat juga rendah kalori. 3. Mencegah penyakit jantung Manfaat serat untuk diabetes adalah bisa mencegah terjadinya penyakit jantung. Ketika seseorang cukup mengonsumsi serat larut air, maka kadar kolesterol LDL akan turun. Serat larut air mengikat partikel kolesterol di usus halus agar tidak masuk ke aliran darah.

 

Jenis serat yang disarankan

1. Serat larut air Jenis serat ini bisa larut dalam air dan akan berubah bentuk seperti gel di dalam perut. Ini juga yang membuat proses cernanya berlangsung perlahan. Bukan hanya menurunkan kolesterol, serat larut air juga menurunkan risiko menderita stroke, diabetes, hingga masalah pencernaan. Serat larut air juga memberi nutrisi bagi bakteri baik dalam pencernaan. Dengan demikian, bisa mencegah terjadinya konstipasi. Sumber serat larut air bisa berupa kacang lima, apel, kentang, oatmeal, pisang, brokoli, biji bunga matahari, walnut, dan kacang polong.

2. Serat tidak larut air Sesuai namanya, jenis serat yang satu ini tidak larut dalam air. Bentuknya akan tetap utuh ketika masuk ke rongga pencernaan. Fungsi dari serat ini mempercepat gerak makanan di dalam saluran cerna, analoginya seperti spons cuci piring yang kasar dan menggosok usus. Lebih jauh lagi, serat tidak larut air juga membuat proses buang air besar menjadi lebih lancar. Jenis serat tidak larut air di antaranya adalah kale, lentil, almond, pear, kacang garbanzo, stroberi, quinoa, kentang, raspberry, oatmeal, dan jeruk.

 

 

Sumber / Penulis : Tim Redaksi Dokterlink
Contact Us : +62812-8888-0658

  • Facebook : Dokterlink
  • Instagram : @dokterlink
  • Email : cs@dokterlink.com