Belum Terdaftar

INSTALL APP
Hal Apa yang Dapat
Kami Bantu?
Bantuan
Sehat Menjadi Lebih Mudah
& Hemat di Aplikasi Aja
Home
Pesanan
Notifikasi



πŸšΏπŸ› Apakah Setelah Vaksin Boleh Mandi, Berikut Jawabannya

Apakah setelah vaksin boleh mandi? Banyak dari masyarakat yang bertanya hal demikian. Apalagi, dengan berbagai info yang beredar terkait hal-hal yang perlu dilakukan atau dihindari setelah vaksinasi Covid-19.
Untuk mengetahui lebih jelasnya, Anda bisa menyimak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Bolehkah Mandi Setelah Vaksin?
Soal boleh tidaknya mandi pasca vaksin, tentu saja jawabannya boleh saja sebagaimana keterangan yang bersumber dari wp.beijing.gov.cn. Mandi bisa menjadi sangat disarankan asalkan setelah vaksin tidak ada reaksi secara berlebihan, misalnya muntah atau mengalami gejala kenaikan suhu tubuh mendadak.
Satu catatan penting, Anda disarankan untuk tidak meremas area lengan yang terkena jarum suntik selama mandi untuk menghindari terjadinya infeksi.

Penyebab Tidak Boleh Mandi Setelah Vaksin
Pada beberapa kasus, justru masyarakat tidak boleh mandi setelah vaksin. Hal ini tentunya berkaitan dengan efek yang muncul sesaat setelah pemberian atau proses suntik vaksin.
Bukan tanpa alasan mengingat saat mandi, terutama mandi air dingin, tentu saja akan berpengaruh pada perubahan suhu tubuh.
Tubuh yang merespon dengan reaksi berlebih saat vaksin, biasanya akan membuat suhu tubuh naik. Sehingga, tidak disarankan langsung mandi.
Kalaupun mandi akan lebih baik menggunakan air hangat untuk menjaga agar suhu tubuh tetap stabil.
Tentu saja, hal tersebut menjadi salah satu syarat atau catatan khusus bagi masyarakat yang bertanya soal boleh tidaknya mandi pasca mendapatkan suntikan vaksin.
Akan tetapi, satu aspek yang paling penting setelah vaksinasi Covid-19 adalah selalu menjaga dan mengontrol kondisi tubuh Anda sendiri, tak terkecuali suhu tubuh.

Kesimpulan
Jika dirasa suhu tubuh stabil maka Anda boleh mandi. Namun, bila tiba-tiba suhu tubuh berubah-ubah naik turun, tentu sebaiknya Anda tidak mandi terlebih dahulu, setidaknya selama 24 jam.
Oleh karena itu, boleh atau tidaknya mandi setelah vaksin tergantung pada bagaimana reaksi tubuh Anda pasca vaksin.
Nah, sampai di sini tentu Anda sudah tahu jawaban dari pertanyaan apakah setelah vaksin boleh mandi atau tidak.

 

Sumber / Penulis : Tim Redaksi Dokterlink
Contact Us : +62812-8888-0658

  • Facebook : Dokterlink
  • Instagram : @dokterlink
  • Email : cs@dokterlink.com