Belum Terdaftar

INSTALL APP
FOLLOW IG DOKTERLINK
call center
Home
Pesanan
Kontak
Notifikasi



🛏️💤 Bahaya Tidur Setelah Sahur

Bahaya Tidur Setelah Sahur Dari Segi Kesehatan

1. Gastroesofhageal Refluks Disesase
Tidur setelah sahur dapat meningkatkan risiko terjadinya GERD, yaitu asam lambung yang naik ke area kerongkongan. Tentunya hal ini terjadi, terlebih lagi untuk linkers yang mempunyai riwayat sakit maag. Nah, ketika tidur, maka sistem pencernaan akan mengalami kesulitan saat mengolah makanan yang telah dikonsumsi ketika sahur.
Jika sudah begini, maka lambung akan memberikan respons terhadap tubuh agar dapat meningkatkan produksi dari asam lambung supaya proses pencernaan bisa berjalan dengan cepat. Tidak hanya itu saja, pada waktu tidur maka klep yang akan menghubungkan lambung dan kerongkongan bisa menjadi longgar, dengan begitu asam lambung akan mudah kembali ke area kerongkongan.

2. Sembelit
Bahaya tidur sehabis sahur yang bisa terjadi berikutnya yaitu gangguan pencernaan hingga maag. Karena perut akan dipenuhi gas, yang akhirnya dapat membuat linkers merasa tidak nyaman. Ketika linkers terus membiarkannya bisa kesulitan untuk buang air besar. Tidak hanya memastikan waktu tidur dengan baik, perhatikan pula apa yang anda konsumsi ketika sahur.
Linkers perlu memastikan bahwa kebutuhan cairan di dalam tubuh terpenuhi. Dengan minum air yang cukup supaya tidak mengalami dehidrasi ketika puasa. Linkers juga dapat menambahkan makanan yang memang kaya akan serat supaya bisa kenyang lebih lama serta pencernaan tetap sehat. Pastikan pula untuk mengonsumsi cukup protein agar dapat meminimalkan kehilangan massa otot ketika sedang puasa dan hal ini pun dapat mengurangi rasa lapar lho.

3. Nyeri Ulu Hati
Apakah linkers sering tidur terlentang sehabis makan? Emang sih tidur dengan posisi ini adalah hal yang sering orang-orang lakukan. Karena tak bisa dipungkiri jika rasanya sangat nyaman. Tetapi hal ini justru akan membuat sistem pencernaan linkers sulit untuk bekerja. Bahkan terkadang bisa terjadinya nyeri panas di area ulu hati. Sudah jelas hal ini disebabkan adanya peningkatan dari asam lambung. Dan ternyata rasa panas ini dapat menyebar ke dada maupun tenggorokan, dengan begitu bisa mengganggu kualitas tidur.

Sumber : Tim Redaksi DokterHub
#SehatDimanaAja