Belum Terdaftar

INSTALL APP
Hal Apa yang Dapat
Kami Bantu?
Bantuan
Home
Pesanan
Notifikasi



💉💧 Berbagai Efektivitas dari Beragam Jenis Vaksin Covid 19

Saat ini terdapat beberapa jenis vaksin yang beredar di Indonesia. Setiap vaksin ini memiliki efektivitas yang berbeda-beda dikarenakan bahan dasar yang juga berbeda. Seusai vaksinasi biasanya ada efek samping yang memang biasa terjadi.

Beberapa jenis vaksin tersebut beserta efektivitasnya antara lain:

1. AstraZeneca
AstraZeneca adalah vaksin yang dikembangkan para peneliti dari Oxford serta AstraZeneca. Basis vaksin ini adalah adenovirus simpanse. Vaksin ini cukup ampuh dalam mencegah virus Corona walaupun banyak laporan bahwa vaksin ini dapat menyebabkan pembekuan darah.

2. Sinovac
Vaksin ini berasal dari Tiongkok, bahan dasarnya merupakan virus Corona yang tidak aktif dan kemudian diberikan dari intramuskular. Vaksin ini cukup baik karena bisa memberikan perlindungan sampai 65,3% sedangkan dosis keduanya dapat diberikan sebulan kemudian. Efek sampingnya lebih ringan vaksin lainnya.

3. CanSino
Vaksin ini dikembangkan oleh para peneliti di China. Vaksin tersebut memakai bahan dasar vaksin vektor adenovirus. CanSino cukup baik karena mampu memberi perlindungan sampai 68%. Dosis keduanya diberikan pada 6 bulan kemudian.

4. Pfizer
Pfizer juga menjadi vaksin lainnya yang banyak dipakai oleh masyarakat Indonesia. Vaksin ini dibuat berdasarkan kerjasama dua pihak yaitu BioNTech Jerman dan Pfizer Amerika Serikat.
Efektivitas vaksin covid Pfizer ini cukup baik di Indonesia. Efektivitasnya cukup tinggi bahkan mencapai 95% seusai suntik dosis kedua.

5. Moderna
Vaksin berikut ini merupakan yang pertama kali memakai basis messenger (mRNA) di Indonesia. Bahan dasarnya adalah rekayasa gen adenovirus. Moderna diklaim dapat menangkal berbagai varian Corona Gamma, Delta maupun Kappa. Efektivitasnya cukup tinggi sehingga menjadi prioritas bagi para tenaga medis untuk dosis ketiga.

6. Sinopharm
Sinopharm dikembangkan peneliti dari China. Bahan dasarnya memakai virus inaktif. Vaksin ini memiliki sertifikat MUI sehingga aman digunakan oleh siapa saja dan efektivitas vaksin Sinopharm cukup baik yaitu 78%.

Anda bisa memilih vaksin yang paling sesuai dengan diri masing-masing sekaligus mempersiapkan diri untuk menghindari efek sampingnya.

 

Sumber / Penulis : Tim Redaksi Dokterlink
Contact Us : +62812-8888-0658

  • Facebook : Dokterlink
  • Instagram : @dokterlink
  • Email : cs@dokterlink.com