Belum Terdaftar

INSTALL APP
Hal Apa yang Dapat
Kami Bantu?
Bantuan
Sehat Menjadi Lebih Mudah
& Hemat di Aplikasi Aja
Home
Pesanan
Notifikasi



πŸ‘©πŸ»β€πŸ€β€πŸ‘¨πŸΌπŸ¦  Cara Mendeteksi Tertular COVID Tanpa Gejala

Perhatikan Apakah Ada Pasien Covid-19 Didekat Anda

Anda perlu mewaspadai diri Anda jika orang terdekat Anda terkena Covid-19. Namun, Anda tidak memiliki gejala yang sama. Jika demikian, bisa jadi Anda tergolong dalam OTG.
Segera lakukan tes Covid-19 untuk memastikan apakah Anda ikut tertular atau tidak. Jika ya, lakukan isolasi mandiri kurang lebih 10 hari.
Setelah melakukan isolasi mandiri, OTG tidak perlu melakukan tes PCR atau Swab jika gejala ringan berkurang atau hilang. Namun, jika Anda ragu, tak ada salahnya melakukan tes PCR atau Swab kembali.
Jika tes menunjukan hasil negatif, Anda sudah bisa beraktifitas normal seperti biasa. Namun, pastikan Anda tetap mematuhi protokol kesehatan ya, Linker!

- Perhatikan Gejala-Gejala Ringan Covid-19

Gejala ringan Covid-19 seringkali diabaikan oleh banyak orang. Pasalnya, gejala ringan ini adalah penyakit yang sangat umum. Seperti misalnya, sakit kepala, flu, batuk kering dan demam.
Mulai sekarang, beri perhatian lebih jika Anda mengalami gejala tersebut berulang kali. Anda dapat mengkonsumsi obat seperti paracetamol dan ibuprofen untuk mengurangi gejala ringan tersebut. Namun, jika sakit tidak kunjung mereda, segera periksakan diri Anda ke pelayanan kesehatan Covid-19 terdekat.
Selain sakit ringan, merasa lelah berlebihan juga dapat menjadi pertanda masuknya virus corona ke tubuh Anda. Virus corona yang menyerang sistem kekebalan tubuhlah yang menyebabkan kelelahan ini. Bagaimanapun juga, sistem kekebalan tubuh Anda sedang berjuang melawan virus yang masuk.
Untuk mengatasi gejala ini, hindari aktivitas berat dan olahraga untuk sementara waktu. Konsumsi makanan sehat, perbanyak minum air putih, konsumsi obat bila perlu dan istirahat yang cukup.
Gejala lain yang perlu Anda perhatikan adalah berkurang atau hilangnya indra penciuman dan pengecapan. Gejala ini biasanya datang bersama gejala flu, pilek dan demam.

- Lakukan Tes Covid-19 Secara Berkala

Jika OTG tidak merasakan gejala apapun, melakukan tes Covid-19 secara berkala dapat menjadi salah satu cara pendeteksian. OTG dapat melakukan tes rapid secara mandiri, atau PCR / Swab jika diperlukan.

 

 

Sumber / Penulis : Tim Redaksi Dokterlink
Contact Us : +62812-8888-0658

  • Facebook : Dokterlink
  • Instagram : @dokterlink
  • Email : cs@dokterlink.com