Belum Terdaftar

INSTALL APP
Hal Apa yang Dapat
Kami Bantu?
Bantuan
Sehat Menjadi Lebih Mudah
& Hemat di Aplikasi Aja
Home
Pesanan
Notifikasi



β€οΈβ€πŸ©ΉπŸ‘¨πŸΌβ€βš•οΈ Cara Menerapkan Protokol 5M yang Benar untuk Mencegah Covid-19

Di Indonesia sendiri terdapat 5 pedoman dasar yang disingkat menjadi istilah 5M, yaitu:   

1. Mencuci Tangan
Hal utama untuk mencegah penularan virus yaitu rajin mencuci tangan dengan sabun. Sehingga semua jenis virus dan bakteri yang menempel bisa mati. Setidaknya cuci tangan selama 20 detik setiap mau makan, menutup hidung dan mulut, serta menggunakan kamar mandi.

2. Memakai Masker
Protokol 5M Covid 19 selanjutnya yaitu mengenakan masker yang mampu menutupi hidung dan mulut secara sempurna. Jadi virus yang ada di sekitar kita tidak masuk ke saluran pernafasan. 
Gunakan masker secara rutin, terutama saat beraktivitas di luar rumah. Anda juga perlu menggunakannya di dalam rumah ketika ada anggota keluarga di rumah yang sakit.

3. Menjaga Jarak
Meski sudah mengenakan masker, Anda tetap perlu mencegah penularan virus dengan menjaga jarak antar-orang. Setidaknya beri jarak sekitar 1 meter saat berinteraksi dengan orang lain. 
Hal ini penting dilakukan untuk mencegah paparan droplets dari orang yang berbicara di dekat kita. Apalagi jika orang tersebut sakit dan punya gejala batuk atau bersin.

4. Menghindari Kerumunan
Jika sebelumnya kita hanya diingatkan untuk melaksanakan 3M, kini ada tambahan 2M lagi. Salah satunya adalah menghindari kerumunan. Sebab, kita tidak pernah tahu dengan siapa saja kita berkerumun atau berkumpul. Jadi, daripada terpapar virus, lebih baik hindari kerumunan di tempat-tempat umum.

5. Mengurangi Mobilitas
Poin yang kelima ini untuk melengkapi protokol kesehatan sebelumnya. Agar Anda terhindar dari segala kerumunan yang berpotensi menularkan virus, sebaiknya kurangi mobilitas ke luar rumah. 
Utamakan beraktivitas di dalam rumah. Mulai dari kerja, belajar, belanja, hingga beribadah. Selama bisa dilakukan secara online, lebih baik lakukan via online.

Selama ini kita masih terfokus menerapkan protokol 3M, yaitu mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak. 
Padahal, langkah pencegahan Covid-19 butuh 2M lagi. Yakni menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas, sehingga menjadi protokol 5M yang lengkap. Karena itulah, utamakan beraktivitas dari dalam rumah tanpa harus keluar jauh-jauh.

 

Sumber / Penulis : Tim Redaksi Dokterlink
Contact Us : +62812-8888-0658

  • Facebook : Dokterlink
  • Instagram : @dokterlink
  • Email : cs@dokterlink.com