Belum Terdaftar

INSTALL APP
Hal Apa yang Dapat
Kami Bantu?
Bantuan
Sehat Menjadi Lebih Mudah
& Hemat di Aplikasi Aja
Home
Pesanan
Notifikasi



🍊🩹 Dampak Kekurangan Vitamin C

- Muncul Masalah pada Kulit
Salah satu fungsi vitamin C adalah membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Zat ini juga penting dalam pembentukan kolagen, zat yang dapat membuat kulit awet muda.
Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan berkerut. Kulit juga dapat memiliki benjolan kecil pada lengan atas dan bagian lainnya. Kondisi dengan benjolan ini disebut keratosis pilaris.

- Penyembuhan Luka Lambat
Kekurangan vitamin C akan memperlambat pembentukan kolagen yang merupakan protein penting dari jaringan ikat. Ini akan turut memperlambat proses penyembuhan luka.
Dalam beberapa kasus kekurangan vitamin C, Luka yang telah lama bisa terbuka kembali. Hal ini akan meningkatkan risiko terjadinya infeksi.

- Masalah Tulang dan Sendi
Penelitian menemukan bahwa vitamin C memiliki peran penting dalam pembentukan tulang. Sehingga, kurangnya asupan nutrisi ini memungkinkan terjadinya tulang keropos.
Sendi pun ikut terdampak saat asupan vitamin C tidak memadai. Ini karena sendi memiliki banyak jaringan ikat yang penuh kolagen. Vitamin C berperan dalam pembentukan kolagen.
Pendarahan pada persendian juga terjadi pada orang yang kekurangan vitamin C. Ini menyebabkan pembengkakan dan rasa sakit.

- Gusi Berdarah serta Gigi Rontok
Orang yang mengalami kekurangan vitamin C dapat mengalami jaringan gusi melemah dan meradang.
Gigi bisa ikut rontok karena kesehatan gusi yang buruk dan lemahnya dentin yang merupakan lapisan dalam gigi.

- Imunitas Lemah
Jumlah vitamin C dalam sel membantu mereka melawan infeksi serta mencegah penyakit yang disebabkan oleh patogen. Sehingga, imun yang lemah dapat dihubungkan dengan ciri kekurangan vitamin C. Risiko infeksi, termasuk penyakit serius seperti pneumonia, juga akan meningkat.

- Kenaikan Berat Badan
Vitamin C mencegah kegemukan dengan membantu melepas lemak dari sel. Studi juga telah menemukan adanya hubungan antara kekurangan vitamin C dengan penambahan lemak tubuh.
Akibat kekurangan vitamin C bagi tubuh cukup beragam. Ini karena vitamin C memiliki peran penting bagi tubuh. Nutrisi ini merupakan antioksidan yang mendukung kekebalan tubuh.

 

Sumber / Penulis : Tim Redaksi Dokterlink
Contact Us : +62812-8888-0658

  • Facebook : Dokterlink
  • Instagram : @dokterlink
  • Email : cs@dokterlink.com