Belum Terdaftar

INSTALL APP
Hal Apa yang Dapat
Kami Bantu?
Bantuan
Sehat Menjadi Lebih Mudah
& Hemat di Aplikasi Aja
Home
Pesanan
Notifikasi



🧁😮 Fakta & Mitos Diabetes yang Belum Diketahui Banyak Orang

Fakta & Mitos Tentang Diabetes
berbagai Fakta & Mitos Tentang Diabetes yang Belum Diketahui Banyak Orang

Penyakit diabetes atau awam disebut sebagai penyakit kencing manis bukan hal baru bagi masyarakat Indonesia. Meskipun begitu, ternyata masih tersebar baik fakta & mitos tentang diabetes yang keduanya sama-sama diyakini sebagai kebenaran yang ada.

1. Penyandang Diabetes Tidak Boleh Donor Darah
Faktanya siapa saja boleh melakukan donor darah asalkan ketika melakukan pendonoran kadar gula Anda sedang stabil. Jadi tidak ada pantangan termasuk bagi para penderita diabetes karena biasanya mereka telah diarahkan dokter untuk rutin mengatur kadar gula mereka masing-masing.

2. Diabetes Diderita Oleh Orang yang Obesitas Saja
Fakta & mitos tentang diabetes kedua adalah keterkaitan antara obesitas dengan diabetes. Tidak semua orang yang obesitas akan menderita diabetes dan tidak semua orang yang mengalami diabetes adalah orang yang kegemukkan. Banyak pula orang yang bertubuh ramping yang ternyata menjadi penyandang diabetes.

3. Diabetes Merupakan Penyakit Turunan
Fakta & mitos tentang diabetes berikutnya adalah penyakit diabetes yang bisa tertular karena genetik keturunan. Hal ini hanya mitos saja dan faktanya tidak semua keturunan penyandang diabetes akan mengalami diabetes juga nantinya. Semua berpengaruh dari pola makan dan hidup yang dilakukan.
Ada dua jenis dari penyakit diabetes dan tidak bisa menyamaratakan semua penyandang diabetes dengan satu pandangan saja.
Diabetes tipe 1 adalah diabetes yang bukan berasal dari garis keturunan sementara diabetes tipe 2 barulah diabetes yang memiliki hubungan yang sangat kuat dengan riwayat dan keturunan keluarganya.

4. Penderita Diabetes Harus Melakukan Diet Khusus
Karena memiliki kadar gula yang berlebih, banyak yang mengira bahwa penyandang diabetes tidak boleh konsumsi makanan dan minuman manis sama sekali. Padahal faktanya mereka masih boleh mengonsumsi yang manis-manis asal kadar hariannya sesuai. Yang terpenting bagi penderita diabetes adalah asupan gizi semuanya terpenuhi dengan baik dan tidak berlebihan.

Sumber : Tim Redaksi DokterHub
#SehatDimanaAja