Belum Terdaftar

INSTALL APP
Hal Apa yang Dapat
Kami Bantu?
Bantuan
Sehat Menjadi Lebih Mudah
& Hemat di Aplikasi Aja
Home
Pesanan
Notifikasi



Kenali Penyebab Hepatitis B

Apa itu hepatitis B? Salah satu varian hepatitis ini memiliki berpotensi mengancam jiwa. Seperti jenis lainnya, hepatitis B merupakan infeksi hati, tapi, jenis ini disebabkan oleh infeksi virus hepatitis B (HBV).
Di tahun 2019, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan ada 296 juta orang hidup dengan infeksi hepatitis B kronis dan ada 1,5 juta infeksi baru setiap tahun.

Penyebab Hepatitis B
Dikutip dari Mayo Clinic, HBV dapat ditularkan dari orang ke orang melalui darah, air mani, dan cairan tubuh lainnya. Namun, tidak dapat ditularkan melalui bersin atau batuk.

Beberapa cara penularan umum hepatitis B antara lain adalah kontak seksual, menggunakan suntikan yang sama, tidak sengaja tertusuk jarum dan penularan ke bayi dari wanita hamil yang terinfeksi HBV.

Tipe Hepatitis B :
Dikutip dari Cleveland Clinic, infeksi hepatitis B dapat dikategorikan menjadi dua tipe yaitu akut dan kronis.
- Hepatitis B akut: tipe ini merupakan infeksi tahap awal saat baru saja terinfeksi hepatitis B. Tipe ini merupakan tipe yang ringan dan mayoritas dapat sembuh dengan mudah.
- Hepatitis B kronis: tipe ini cenderung muncul jika infeksi HBV tidak hilang dalam rentang waktu 6 bulan atau lebih. Hepatitis B kronis dapat menyebabkan peradangan, sirosis hati yang serius bahkan fatal, hingga kanker hati.

Sumber : detik.com
#DokterHub
#SehatDimanaAja