Belum Terdaftar

INSTALL APP
Hal Apa yang Dapat
Kami Bantu?
Bantuan
Sehat Menjadi Lebih Mudah
& Hemat di Aplikasi Aja
Home
Pesanan
Notifikasi



Penyebab & Gejala Tipes

Tipes atau demam tifoid merupakan sebuah infeksi yang mengancam jiwa, disebabkan oleh bakteri Salmonella Typhi. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan ada 11 hingga 20 juta kasus tipes dan 128 ribu hingga 161 ribu kematian tiap tahunnya.

Biasanya, tipes menyebar melalui makanan atau air yang terkontaminasi. Setelah bakteri Salmonella Typhi dimakan atau diminum, mereka berkembang biak dan menyebar ke dalam aliran darah.

Penyebab Tipes
Salah satu penyebab penyebaran yang paling umum adalah saat seseorang mengonsumsi makanan atau minuman yang disiapkan oleh orang lain yang mengeluarkan bakteri dan tidak mencuci tangan dengan benar setelah buang air besar atau kecil.

Gejala Tipes
Gejala tipes ini cenderung berkembang secara bertahap-sering muncul satu hingga tiga minggu setelah terpapar penyakit tersebut.

- Demam yang mulai rendah dan meningkat setiap hari (mungkin mencapai setinggi 40,5 celcius)
- Sakit kepala
- Kelemahan dan kelelahan
- Nyeri otot
- Berkeringat
- Batuk kering
- Kehilangan nafsu makan dan penurunan berat badan
- Sakit perut
- Diare atau sembelit
- Ruam
- Perut sangat buncit

Jika tidak diobati, tipes akan memiliki gejala yang lebih parah lagi dan akan mengancam nyawa. Beberapa gejala tersebut adalah menjadi mengigau atau berbaring tak bergerak dan kelelahan dengan mata setengah tertutup.

Sumber : detik.com
#PerawatanDimanaAja