Belum Terdaftar

INSTALL APP
Hal Apa yang Dapat
Kami Bantu?
Bantuan
Sehat Menjadi Lebih Mudah
& Hemat di Aplikasi Aja
Home
Pesanan
Notifikasi



Perbedaan Injeksi dan Infus Berdasarkan Fungsinya

 

Dalam dunia medis, infus dan injeksi adalah dua metode administrasi obat yang umum digunakan untuk memasukkan obat atau cairan ke dalam tubuh pasien. Meskipun keduanya melibatkan penggunaan jarum suntik dan vena, tetapi terdapat perbedaan antara infus dan injeksi. 

Keduanya memiliki perbedaan mendasar dalam tujuan, metode, durasi, dan volume yang diinfuskan. Yuk, simak penjelasan lengkapnya pada artikel berikut ini!

Perbedaan Infus dan Injeksi

Infus dan injeksi adalah dua metode penting dalam administrasi obat dan cairan medis. Berikut ini penjelasan detailnya: 

 

1. Metode Infus dan Injeksi

Injeksi, yang juga dikenal sebagai suntikan, adalah proses menyuntikkan obat langsung ke dalam otot, yang disebut injeksi intramuskular. 

Obat diberikan menggunakan jarum suntik yang dimasukkan melalui kulit dan ke dalam jaringan otot. Volume obat yang diberikan biasanya kecil dan berada dalam tabung kecil.

Sementara infus, atau injeksi intravena, adalah proses pemberian obat atau cairan langsung ke dalam pembuluh darah melalui jarum atau kateter yang dimasukkan ke vena. Infus biasanya dilakukan dalam jangka waktu yang lebih panjang dibandingkan dengan injeksi intramuskular.

2. Lokasi Penyuntikan

Perbedaan berikutnya terletak pada lokasi penyuntikannya.  Injeksi intramuskular dapat dilakukan di berbagai bagian tubuh, termasuk lengan, bokong, dan paha. Pemilihan lokasi tergantung pada jenis obat dan tujuan pengobatan.

Adapun  pemberian infus sering dilakukan di area yang memiliki akses vena yang baik, seperti punggung tangan, siku, atau lengan. Sebelum menancapkan jarum, pembuluh darah akan diperiksa untuk memastikan posisi yang tepat.

3. Keunggulan dan Fungsi

Berikut ini keunggulan injeksi:

  • Penyerapan cepat.Jaringan otot memiliki pasokan darah yang lebih besar dibandingkan dengan jaringan subkutan, sehingga obat lebih cepat diserap oleh tubuh.
  • Menghindari iritasi. Beberapa obat dapat menyebabkan iritasi jika diberikan melalui pembuluh darah, sehingga penyuntikan melalui otot adalah pilihan yang lebih baik.
  • Lebih praktis: Injeksi intramuskular sering digunakan untuk vaksinasi, pengobatan hormon, antibiotik, dan pengobatan darurat tertentu.

Sementara infus memiliki keunggulan diantaranya:

  • Pemberian volume cairan yang lebih besar dibandingkan dengan injeksi. Hal ini penting untuk hidrasi, pemberian nutrisi, atau obat yang memerlukan dosis besar.
  • Kontrol kondisi pasien. Infus memungkinkan pemantauan kondisi pasien secara terus-menerus dan penyesuaian dosis obat sesuai kebutuhan. Hal ini sangat penting dalam situasi medis kritis.
  • Perawatan jangka panjang. Infus dapat berlangsung dari beberapa jam hingga beberapa hari, memungkinkan pemberian obat atau cairan secara bertahap dan kontinu.

4. Durasi dan Efek 

Injeksi biasanya dilakukan dalam beberapa detik hingga menit. Efek obat juga berlangsung secara cepat, biasanya dalam hitungan menit hingga beberapa jam, tergantung pada jenis obat yang diberikan. 

Nah, infus memberikan efek yang stabil dan konstan. Hal ini menjadikan metode ini ideal untuk pengobatan yang memerlukan pemberian obat dalam dosis tetap. Satu kantong infus biasanya memakan waktu paling cepat 2 jam untuk dihabiskan.

Perbandingan Infus dan Injeksi

Aspek

Infus

Injeksi

Durasi

Jangka panjang (jam hingga hari)

Singkat (detik hingga menit)

Volume Cairan

Besar (beberapa liter)

Kecil (beberapa mililiter)

Metode

Kontinu dan bertahap

Sekali waktu

Kegunaan

Hidrasi, nutrisi, terapi obat kontinu

Pengobatan darurat, vaksinasi, terapi nyeri

Rute Administrasi

Vena

Vena, otot, subkutan

 

Infus dan injeksi adalah dua metode penting dalam administrasi obat dan cairan dalam dunia medis. Pemilihan antara infus dan injeksi tergantung pada kebutuhan klinis pasien, jenis obat yang diberikan, dan kondisi medis yang sedang diobati.  

Selain untuk tujuan kesehatan, infus juga digunakan dalam perawatan kecantikan, seperti infus whitening. 

Metode ini menggunakan prinsip yang sama dengan infus intravena, di mana cairan yang mengandung zat pemutih dimasukkan ke dalam pembuluh darah. 

Manfaat yang diharapkan adalah peningkatan kecerahan kulit dan penampilan yang lebih segar. 

Apabila Anda sedang mencari perawatan kecantikan dengan metode infus maupun injeksi, Dokterhub menyediakan berbagai perawatan aesthetics yang sesuai dengan kebutuhan Anda seperti Vitabright Injection (Suntik Vitamin C) dan Vitabright Drips + Smooth Glow.

Semua prosedur langsung dilakukan oleh tenaga medis profesional dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Yuk, wujudkan kulit sehat dan bersinar bersama Dokterhub!