Belum Terdaftar

INSTALL APP
Hal Apa yang Dapat
Kami Bantu?
Bantuan
Sehat Menjadi Lebih Mudah
& Hemat di Aplikasi Aja
Home
Pesanan
Notifikasi



πŸ’‰πŸ’§ Perbedaan Injeksi & Infus Berdasarkan Fungsinya

Injeksi atau Suntikan
Injeksi atau suntikan dalam istilah medis disebut sebagai injeksi intramuskular. Proses yang dilakukan dalam injeksi ini adalah dengan menyuntikkan obat melalui otot.

Penyuntikan yang dilakukan menggunakan volume dalam tabung kecil. Prosesnya yaitu dengan jarum suntik yang digunakan sebagai jalur masuknya obat ke dalam tubuh.

Penyuntikan ini bisa dilakukan melalui beberapa bagian, mulai dari bagian tangan, bokong, kaki, dan bagian tubuh lainnya.
Penggunaan suntikan ini dilakukan karena obat yang dimasukkan ke dalam tubuh untuk menghindari iritasi pembuluh darah, atau ada obat tertentu yang malah membuat pembuluh iritasi.

Selain itu, penggunaan metode injeksi intramuskular ini lebih memudahkan obat terserap dalam tubuh. Jaringan otot cenderung lebih banyak menampung obat, dan juga otot punya pasokan darah yang lebih besar.

- Infus Atau Injeksi Intravena
Infus dalam istilah medis disebut sebagai injeksi intravena. Infus ini merupakan proses pemberian obat yang dimasukkan langsung ke pembuluh darah.

Perbedaan injeksi dengan infus intravena ini, penggunaannya harus dimasukkan ke pembuluh darah. Sehingga sebelum menancapkan jarum, pembuluh darah akan dicek terlebih dahulu, baru kemudian ditancapkan sesuai dengan posisi pembuluh darah tersebut.


Volume obat yang digunakan sangat besar, dan lebih besar daripada penggunaan injeksi atau suntikan. Dengan menggunakan infus ini, tenaga medis akan lebih mudah dalam mengontrol kondisi pasien untuk penanganan yang cepat.

Beberapa tempat yang biasa digunakan dalam pemberian infus ini seperti pergerakan tangan, ada yang di siku, dan punggung tangan.
Meski sama-sama menggunakan jarum, namun infus akan berada di bagian yang infus dalam waktu yang lama. Untuk satu kantong infus saja, bisa menghabiskan waktu paling cepat 2 jam.

- Infus Tidak Hanya untuk Kesehatan, tapi juga Kecantikan
Sekarang ini banyak orang menggunakan infus untuk perawatan kecantikan. Manfaat infus whitening ini dipercaya mampu memutihkan kulit, dan menambah kecantikan.

Cara infus whitening tersebut sama halnya dengan penggunaan injeksi intravena yang dimasukkan kedalam pembuluh darah.

 

Sumber / Penulis : Tim Redaksi Dokterlink
Contact Us : +62812-8888-0658

  • Facebook : Dokterlink
  • Instagram : @dokterlink
  • Email : cs@dokterlink.com