Belum Terdaftar

INSTALL APP
Hal Apa yang Dapat
Kami Bantu?
Bantuan
Download Aplikasi Dokterhub
Rasakan kemudahan melakukan pemesanan layanan kesehatan dirumah
#SehatDimanaAja
Home
Pesanan
Notifikasi



πŸŒžβ›±οΈ Sudah Rutin Berjemur, Apakah Masih Perlu Suplemen Vitamin D ?

Vitamin D adalah salah satu vitamin larut lemak yang berperan dalam sejumlah fungsi penting untuk mempertahankan kesehatan dan mencegah penyakit, termasuk penyakit infeksi karena virus. Vitamin D bukan hanya bermanfaat untuk tulang, namun juga memiliki manfaat lain seperti menjaga fungsi saraf dan otot, kardiovaskular, pernapasan, dan sistem imun tubuh.

Tubuh yang kekurangan vitamin D berisiko menimbulkan penyakit tulang seperti osteoporosis dan radang sendi (arthritis). Makanya vitamin D penting untuk tercukupi setiap harinya.

Vitamin yang satu ini bisa Anda dapatkan secara gratis hanya dengan rutin berjemur di pagi hari. Sinar matahari mengandung vitamin D yang berperan penting untuk memelihara kesehatan tubuh, terutama tulang. Ketika kulit terkena sinar matahari langsung, tubuh akan memproduksi vitamin D dengan membakar kolesterol yang ada di sel kulit. WHO menganjurkan agar kulit terkena sinar matahari sekitar 5-15 menit selama 2-3 kali dalam seminggu.

Pada dasarnya Anda tidak perlu minum suplemen vitamin D setiap hari bila kondisi tubuh Anda sehat dan tidak mengalami masalah medis apapun. Sebab, hanya orang-orang tertentu saja yang disarankan oleh dokter yang boleh minum suplemen vitamin D sesuai dengan kebutuhannya.

Orang yang kelebihan dosis suplemen vitamin D akan merasakan gejala seperti mual dan muntah, turunnya nafsu makan, sembelit, lemas, dan berat badan turun. Oleh karena itu hanya orang-orang tertentu saja yang disarankan oleh dokter yang boleh minum suplemen vitamin D sesuai dengan kebutuhan.

Adapun kelompok orang – orang yang membutuhkan suplemen Vitamin D di antaranya adalah:

- Wanita pascamenopause

- Pria dan wanita yang membutuhkan steroid jangka panjang

- Ibu hamil dan menyusui

- Orang dengan penyakit ginjal kronis

- Orang dengan penyakit paratiroid

Selain dari Suplemen Vitamin D dan minyak ikan, kita bisa memperoleh vitamin D dari makanan yang tinggi vitamin D antara lain telur, ikan, serta susu dan produk olahannya. Namun untuk memastikan tubuh memiliki asupan vitamin D yang tepat, lebih baik periksakan diri ke dokter untuk mengetahui berapa kadar vitamin D dalam tubuh.

 

 

Sumber / Penulis : Tim Redaksi Dokterlink
Contact Us : +62812-8888-0658

  • Facebook : Dokterlink
  • Instagram : @dokterlink
  • Email : cs@dokterlink.com