Belum Terdaftar

INSTALL APP
Hal Apa yang Dapat
Kami Bantu?
Bantuan
Download Aplikasi Dokterhub
Rasakan kemudahan melakukan pemesanan layanan kesehatan dirumah
#SehatDimanaAja
Home
Pesanan
Notifikasi



πŸ₯₯πŸͺ Tepung Pengganti Terigu Yang Ramah Untuk Diabetes

Teknologi pangan saat ini sudah sangat berkembang dan tercipta banyak jenis makanan baru, termasuk tepung-tepungan. Berikut ini beberapa pilihan tepung yang cocok untuk penderita diabetes.

1. Tepung almond

Tepung almond terbuat dari kacang almond yang digiling halus dan merupakan alternatif tepung bebas gluten yang lebih sehat dibandingkan terigu. Selain rendah karbohidrat, tepung almond tinggi protein, serat, dan lemak yang bisa menyehatkan jantung. Sudah tentu indeks glikemiknya rendah sehingga aman untuk penderita diabetes.

2. Tepung kelapa

Tepung kelapa adalah sejenis tepung yang terbuat dari daging kelapa yang telah dikeringkan dan digiling. Dibandingkan dengan tepung terigu, tepung kepala lebih rendah karbohidrat dan lebih tinggi serat, yang dapat memperlambat penyerapan gula dalam aliran darah. Jadi, sangat aman untuk pengelolaan gula darah orang dengan diabetes.

3. Tepung kedelai

Tepung kedelai tentu kurang umum dibandingkan tepung almond, padahal ia memiliki indeks glikemik sangat rendah hanya 5. Dengan indeks glikemik hanya 5, tepung kedelai hanya akan sedikit berpengaruh pada kenaikan gula darah. Tepung kedelai secara alami bebas gluten, dan bisa menjadi cara cepat untuk memasukkan lebih banyak protein ke dalam resep.

4. Oat (tepung gandum utuh)

Tepung oat adalah tepung gandum utuh yang populer, dibuat dengan menggiling gandum hingga mencapai konsistensi seperti bubuk. Tepung gandum utuh ini tidak hanya merupakan sumber serat dan protein yang baik tetapi juga mengandung beta glukan, jenis serat tertentu yang telah terbukti menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes. Tepung oat memiliki rasa kacang yang ringan dan dapat membantu melembutkan makanan yang dipanggang sekaligus memberi tekstur yang unik dan kenyal.

5. Tepung Kacang-kacangan

Beberapa peneliti pernah membuat brownies dari campuran tepung kacang merah, hijau dan tanah. Semua tepung dari kacang ini mengandung serat yang dapat memperlambat laju makanan pada saluran pencernaan dan menghambat pergerakan enzim, serta proses pencernaan menjadi lambat, sehingga respon glukosa darah juga rendah.

 

Sumber / Penulis : Tim Redaksi Dokterlink
Contact Us : +62812-8888-0658

  • Facebook : Dokterlink
  • Instagram : @dokterlink
  • Email : cs@dokterlink.com