Belum Terdaftar

INSTALL APP
Hal Apa yang Dapat
Kami Bantu?
Bantuan
Sehat Menjadi Lebih Mudah
& Hemat di Aplikasi Aja
Home
Pesanan
Notifikasi



β˜•πŸŒ± Waspada, Ini 5 Efek Samping Konsumsi Kopi Setiap Hari

Amankah minum kopi setiap hari? Kenali 5 efek samping konsumsi kopi setiap hari yang perlu Anda waspadai berikut ini.

1. Gangguan Tidur
Salah satu manfaat minum kopi malam hari yaitu untuk mencegah kantuk, khususnya jika Anda sedang lembur. Kandungan kafein di dalamnya mampu menstimulasi otak agar lebih aktif,  sehingga Anda bisa terjaga lebih lama. Tapi jangan meminumnya secara berlebihan setiap hari, karena kualitas tidur jadi terganggu dan Anda lebih rentan mengalami insomnia. 

2. Masalah Pencernaan
Bagi Anda yang setiap pagi minum kopi tanpa sarapan terlebih dahulu, sebaiknya hentikan kebiasaan itu sekarang juga. Apalagi jika Anda menderita penyakit yang tidak boleh minum kopi seperti lambung. Karena rasa asam pada kopi beresiko melukai lambung dan menyebabkan rasa mual, maag, nyeri ulu hati, hingga diare.
Supaya tidak terjadi hal ini, perhatikan aturan minum kopi secara tepat. Jangan konsumsi secara berlebihan dan pastikan sarapan terlebih dahulu jika ingin meminumnya.

3. Tekanan Darah Naik
Kandungan kafein pada kopi tidak hanya mencegah rasa kantuk, tapi juga memicu naiknya tekanan darah. Salah satu efeknya menyebabkan jantung berdetak lebih cepat dan menjadikan dada terasa berdebar.

4. Membahayakan Jantung
Selain memicu hipertensi, konsumsi kopi secara berlebihan juga berbahaya untuk kesehatan jantung. Organ tersebut akan berdetak lebih kencang, tidak beraturan, serta meningkatkan kadar lemak dalam darah. Yang paling parah, kebiasaan ngopi setiap hari beresiko menimbulkan kejang dan serangan jantung.

5. Memicu Tulang Keropos
Minum kopi secara berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan tulang. Karena kafein di dalamnya dapat mengganggu metabolisme kalsium dan mengikisnya dari dalam tubuh. Sehingga orang yang meminumnya secara berlebihan rentan mengalami osteoporosis dan pengeroposan tulang.

Kopi memang punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan mental. Tapi, kopi juga punya banyak resiko buruk jika diminum secara berlebihan. Jadi, tetap perhatikan kadar kopi yang Anda minum setiap harinya. Jangan sampai berlebihan hingga mengganggu kesehatan.

 

Sumber / Penulis : Tim Redaksi Dokterlink
Contact Us : +62812-8888-0658

  • Facebook : Dokterlink
  • Instagram : @dokterlink
  • Email : cs@dokterlink.com